Steins;Gate Review

Resensi Steins;Gate

Hei, Apa Kabarnya nih? saya kali ini ingin mencoba mengulas tentang Steins;Gate.

Anime buatan Studio White Fox diadaptasi dari visual novel berjudul Steins;Gate yang dibuat oleh 5pb dan Nitro+. Steins;Gate adalah sebuah Serial TV Anime yang menceritakan Okabe Rintarou –sebagai karakter utama– yang menemukan sebuah mesin waktu, walau tak sempurna dengan Kombinasi brilian antara plot, konflik, dan pengembangan karakter.

Judul: Steins;Gate
Tipe: Serial TV
Jumlah Episode: 24
Status: Tamat
Ditayangkan: 6 April 2011 sampai 4 September 2011
Producers: 
Frontier WorksFUNimation EntertainmentLMedia FactoryMovicAT-XWhite FoxKadokawa Pictures JapanNitroplus
Genre: Sci-Fi, Thriller
Durasi: 24 Menit per episode
Rating: R – 17+ 
Skor MAL: 9.17
Peringkat MAL: 2

=Sinopsis=
Steins;Gate adalah tentang sekelompok orang yang telah menyesuaikan microwave (secara tak sengaja) mereka ke sebuah telepon selular yang dapat mengirim pesan teks ke masa lalu. Ketika mereka melakukan eksperimen yang berbeda dengan meng-hack ke databese SERN, SERN adalah sebuah organisasi yang telah melakukan penelitian mereka sendiri pada perjalanan waktu, melacak mereka dan sekarang mereka harus menemukan cara untuk menghindari supaya tidak tertangkap oleh organisasi SERN.
Story (Cerita)                     – 10/10
Yap, Steins;Gate adalah cerita tentang perjalanan waktu, di Steins;gate, Perjalanan waktu ini didasarkan oleh teori teori yang sudah ada di dunia nyata dan juga berdasarkan seorang (yang katanya) pengelana waktu  –John Titor–.
Karakter Utama dari Steins;Gate  –Okabe Rintarou –, Seorang Penemu Gila –Hououin Kyouma–, yang mempunyai sebuah laboratorium kecil (walau tak seperti suatu laboratorium) dan beberapa Anggota Lab. Suatu Hari, telah berhasil membuat Telepon Microwave. Setelah beberapa waktu, si Okabe ini menemukan bahwa Mikrowave itu dapat mengirimkan pesan ke masa lalu melalui Telepon Genggamnya –D-mail–.  Namun saat dia mencobanya, dia berpindah garis dunia setiap dia mengirim suatu D-mail. Dan mulailah, perjalanan Okabe melintasi berbagai macam garis dunia.
Mungkin untuk kalian, 12 episode pertama itu sangat membosankan (karena si Okabe hanya mengubah ubah masa lalu terus tanpa adanya konflik), namun, jangan berhenti di antara 12 episode pertama itu, karena inti dari cerita itu, ada di episode setelah episode 12.
Ceritanya, Luar Biasa, Eksekusinya bagus, apalagi ada material yang berdasarkan Dunia Nyata –Seperti organisasi SERN(CERN Jika di dunia nyata), Teori Black Hole, Teori Butterfly Effect, John Titor sang pengelana waktu, dan yang lainnya. Walaupun emang, tak sepenuhnya masuk akal (jelas lah, genre saja Science-Fiction alias Sains Fiksi) tapi bagi yang suka tentang perjalanan waktu, Animasi yang satu ini, wajib untuk anda tonton
Art (Grafik)                         – 8/10
Grafiknya lumayanlah, tidak buruk tapi juga tidak begitu bagus. Yang saya suka daripada Art-nya ialah, saat Okabe melakukan perjalanan waktu memakai D-mail, ada sebuah adegan yang berisi berbagai macam gambar dan menampilkan Divergence Meter. Divergence Meter adalah alat untuk mengetahui garis dunia manakah yang sekarang ditempati. Opening daripada Steins;gate juga bagus, seperti terkesan misterius, dan saya suka itu 😀

Divergence Meter

Sound (Suara)                  – 9/10
Opening Steins;Gate “Hacking to the Gate” adalah salah satu OP yang paling saya suka :D. ED-nya tidak buruk juga.
Kelebihan daripada Suara ini adalah pada Pengisi Suara di Anime Steins;Gate, Mereka benar benar niat melakukannya :D. Apalagi pengisi suara Okabe Rintarou adalah Miyano Mamoru, yang juga mengisi suara Light Yagami di Anime Death Note.



Character (Karakter)       – 10/10
Karakter, adalah salah satu kelebihan Steins;gate, menurut saya, Pengembangan Karakter di Anime ini adalah yang terbaik daripada anime lain yang sudah pernah saya tonton.
Khususnya Karakter Utamanya, si Okabe Rintarou dan Makise Kurisu.
Okabe adalah seseorang yang baik hati, suka melucu, dan lumayan pintar. Walau kadang juga terkena delusi chuunibyou. Dia juga sering berakting seperti seorang sedang menelepon orang lain ketika dia tidak tahu apa yang harus dia katakan, yang juga cocok dengan adegan apapun yang dia lakukan. Dia juga orang yang pantang menyerah, dan akan melakukan apapun untuk menyelesaikan masalahnya.  Kata kata khas dari Okabe yang sampai sekarang saya ingat adalah EL PSY CONGROO dan juga kalimat yang paling epik dari anime ini, “I’m The Mad Scientist, Hououin Kyouma! *Laughing Like a Boss*” yang artinya, “Akulah sang Penemu Gila, Hououin Kyouma!” XD, Adegan terbaik yang pernah saya lihat.

(Acting Like a Boss XD )
Makise Kurisu, mungkin pertama kali melihat dia, pasti berpikiran, “ah… paling Tsundere yang biasa saja” tapi seiring berjalannya cerita ini, pengembangannya bagus dan kita dapat melihat sisi lain daripada Makise ini. Dia mulai tertarik kepada Okabe dan membantu Okabe dalam perjalanan waktunya dan juga membantu perjuangannya dalam melakukan sesuatu. Makise Kurisu juga sangat cerdas, seperti melakukan perhitungan saat Okabe dan Member Laboratoriumnya ingin mencoba membuat Gadget Mesin untuk mengirimkan pikiran Okabe ke masa lalu. Karakter lainnya juga mengalami pengembangan yang bagus. Mempunyai sifat yang pas terhadap pertunjukan ini.

Makise in Okabe mode

Enjoyment (Enjoy)          – 10/10
Jujur saja, saya sangat suka terhadap anime ini, benar benar worth my time!

Overall (Seluruhnya)      – 10/10
Anime ini memang dapat mencampur adukkan perasaan anda, mungkin awal awal dari anime ini terasa gembira, dan tenang tenang saja, tapi jika telah sampai ke pertengahan, anda akan merasakan keputusasaan yang terjadi dalam anime ini, benar benar orisinil. jika anda penyuka Fiksi-Sains anime ini cocok untuk anda. Mungkin salah satu kelemahan Steins;Gate adalah permulaan yang sangat lambat, tapi menurut saya itu tak membosankan seperti yang dikira.
Jadi, Singkat Kata…

EL PSY CONGROO, Sonuvabitch! 😀