10 Anime Seinen yang Bisa Memuaskan Sisi Kedewasaanmu

7MangaIndoKamu muak dan bosan dengan anime-anime kebanyakan saat ini yang penuh dengan fanservice serta ecchi-ecchi tanpa jalan cerita yang berbobot? Sepertinya kamu harus mencoba melirik anime dengan genre yang satu ini, yaitu “seinen”.

“Seinen” biasanya digunakan untuk mendeskripsikan pria yang berumur dari 18 – 40 tahun. Anime yang menyasar para pemirsa lelaki dewasa ini bisa memasukkan banyak genre lainnya. Tindakan moral di ceritanya bisa semakin samar, romansa yang semakin pragmatis, aksi yang lebih berdarah-darah serta selera humor yang dewasa.

Umumnya seinen memiliki karakter utama yang lebih tua, gaya penggambaran yang realis, dan cerita yang lebih serius.

Berikut 10 Anime Seinen yang Bisa Memuaskan Sisi Kedewasaanmu

1. Mushishi
“Mushi” adalah bentuk kehidupan paling dasar di dunia. Mereka hidup tanpa adanya tujuan atau alasan selain hanyalah sebuah “mahkluk”. Mereka lebih dari sekadar belenggu kata-kata “baik” dan “jahat”. Mushi bisa hidup dalam berbagai bentuk dan bisa meniru sesuatu dari alam seperti tanaman, penyakit dan bahkan fenomena seperti pelangi.

Namun, ini hanya definisi samar dari entitas ini yang berhabitat di dunia Mushishi yang penuh energi, dengan memanggil mereka suatu bentuk kehidupan itu terlalu menyederhanakannya. Informasi detail tentang Mushi itu langka karena kebanyakan manusia tidak sadar akan kehadirannya.

2. Monster
Dr. Kenzo Tenma adalah seorang dokter bedah otak keturunan Jepang dan masih belum berumur yang terkenal saat bekerja di Eropa. Sangat dipuji oleh rekan-rekannya sebagai salah satu pemuda yang akan merevolusi bidangnya, dia juga memiliki tunangan yang cantik dan juga sedang dalam tanda-tanda akan mendapat promosi di rumah sakit tempat ia bekerja. Namun, semua itu akan berubah saat Dr. Tenma memilih satu keputusan krusial dalam kehidupannya, apakah dia akan menyelamatkan seorang anak muda ataukah sang walikota? Meskipun ditekan oleh atasnnya untuk melakukan operasi terhadap sang wali kota, hatinya memaksa dirinya untuk melakukan operasi terhadap anak muda tersebut. Tiba-tiba saja, dunia Dr. Tenma mulai terombang-ambing karena keputusannya menuntun kejatuhan semua yang sebelumnya ia miliki.

3. Ping Pong The Animation
Makoto Tsukimoto (Biasa dipanggil Smile) adalah pelajar SMA pendiam yang berteman dengan Yutaka Hoshino (Biasa dipanggil Peco) yang periang sejak kecil. Mereka berdua mengikuti klub tenis meja lokal dan mereka juga memiliki bakat dalam bermain tenis meja, meskipun watar Smile selalu menahan diri dalam melawan Peco sehingga tidak menang. Pelatih klub itu, tetapi, sadar akan bakat Smile dan berusaha membuatnya mendapat beberapa keuletan sportif.

4. Hellsing Ultimate
Hellsing, sebuah organisasi rahasia pemerintah Inggris, telah lama melawan ancaman supranatural untuk melindungi orang-orang dari mahkluk kegelapan. Pimpinan saat ini, Integra Wingates Hellsing, mengendalikan tentara pribadinya untuk memusnahkan mahkluk kegelapan, tetapi tentara yang sudah terlatih itu masih jauh dibandingkan pemusnah vampir yang paling terpercaya baginya, pria yang bernama Alucard, yang sebenarnya adalah vampir yang amat kuat. Bersama dengan pelayan misterius Integra dan anak buah vampir Alucard, yaitu Seras Victoria, Organisasi Hellsing tak hanya akan menghadapi kanibal (ghoul) dan vampir biasa, tetapi juga menghadapi organisasi rahasia saingan yang berasal dari Vatican, dan Millenium, sebuah grup misterius penuh dengan orang gila yang ditemukan karena suatu peperangan yang terjadi lebih dari 50 tahun lalu…
Pertarungan penuh darah antara monster baru saja akan dimulai. Mayat sedang menari, dan neraka sedang bernyanyi….

5. Baccano
Di Chicago awal tahun 1930, kereta antar benua, Flying Pussyfoot, akan memulai perjalanan legendaris yang akan meninggalkan jejak darah melewati berbagai belahan dunia. Disaat yang sama di New York, peneliti yang ambisius Szilard dan ajudannya yang segan, Ennis, sedang mencari beberapa botol eliksir. Ditambah lagi, perang antara sekelompok mafia makin bertambah parah. Saat menaiki Kapal Advena Avis, di 1711,para alkemis akan mempelajari nilai keabadian.

6. Black Lagoon
Okajika Rokuro adalah seorang pengusaha Jepang di kota penuh dengan pengusaha Jepang. Keseharian normalnya terdiri dari minum bersama klien dan disuruh-suruh oleh bosnya. Dia akhirnya mendapatkan istirahat, dia dikirim perusahaannya ke lautan tropis Cina Timur untuk mengantarkan sebuah CD. tapi kapalnya dibajak oleh tentara bayaran yang disewa untuk mengambil CD-nya. Rock (saat dia dipanggil oleh si penculik) tertarik dengan satu-satunya tentara bayaran wanita di situ, yaitu Revy karena dia berpikir kalau Rock berharga sebagai tebusan, dan menyanderanya. Tetapi, CD yang dicuri ternyata memiliki rahasia yang buruk, yang bahkan tak diketahui Rock, yang membuat kebingungan besar dan kekacauan bagi Rock dan penculiknya.

7. Psycho-Pass
Seri ini mengambil latar di masa depan, ketika mengukur dan menilai keadaan pikiran serta watak seseorang secara instan bisa dilakukan. Informasi ini direkam dan diproses, dan istilah “Psycho-Pass” merujuk pada standar yang digunakan untuk mengukur seseorang. Cerita berpusat pada “petugas penegak” Shinya Kougami, yang ditugaskan untuk mengatasi kriminalitas di dunia seperti itu.

Di masa depan, bisa juga mengukur emosi, keinginan, dan setiap kecenderungan secara kuantitatif. Dengan cara ini, sehingga saat itu bisa mengukur faktor kecenderungan kriminal, yang digunakan untuk mengadili para kriminal.

8. Berserk: The Golden Age Arc
Guts, seorang ahli pedang bayaran, hanya memiliki sedikit tujuan di hidupnya, hanya bertarung di setiap pertarungan. Tetapi, semua ini berubah secara tiba-tiba ketika ia bertemu dan terkepung oleh Griffith, pemuda cantik nan karismatik yang memimpin sekelompok tentara bayaran, yaitu Band of The Hawk. Setelah Guts masuk ke dalam kelompok itu, hubungan antar dua manusia mulai memekar, Casca, satu-satunya ahli pedang yang meskipun seorang wanita tetapi tetap kuat di Band of the Hawk, berjuang untuk menerima Guts dan pengaruh yang ia punya di dunia sekitar Casca. Sementara dua manusia itu mulai bertarung bersama, Griffith berlanjut memperkuat dirinya, semua tampaknya demi mencapai tujuannya yang misterius.

9. One Outs
Cerita bermula saat Hiromichi Kojima, bintang batter dari tim fiksi Lycaon di Liga Pasifik Jepang, berangkat menuju pulau selatan Okinawa Jepang dengan kereta api dan ingin mengangkat dirinya kembali dari kemerosotan. Di sana, dia bertemu dengan Toua Tokuchi, seorang pitcher dengan lemparan berkecepatan 134 km/h dan juga seorang raja dari variasi permainan baseball yang dikenal dengan nama “One Out”. Atas desakan Kojima, Tokuchi menandatangani kontrak dengan Lycaons dengan persyaratan yang aneh: dia mendapat 5.000.000 yen (sekitar Rp. 500 juta) setiap lemparan yang dia lakukan dan musuh terkena out, tapi dia harus membayar 50.000.000 yen (sekitar Rp. 5 Milyar) untuk setiap run yang dia berikan kepada musuh.

10. Tatami Galaxy
Ketika seorang mahasiswa dropout berhenti sejenak untuk makan malam di sebuah kedai ramen yang misterius, dia melintasi jalan dengan seorang dewi yang katanya dewi pernikahan. Pertemuan ganjil ini membuat pemuda meluncur ke kilas balik di hari-hari disaat dia menjadi mahasiswa yang yah tak begitu meriah, saat pengaruh teman baru jahatnya mengubahnya dari seorang yang tak ada harapan dalam hal romantis menjadi seorang “black cupid” yang nakal.

Yak, itu tadi adalah 10 Anime Seinen yang Bisa Memuaskan Sisi Kedewasaanmu. Namun, tidak hanya 10 anime itu saja, ada banyak anime lain juga pantas untuk dilirik, contohnya:
– Cowboy Bebop
– Emma: A Victorian Romance
– Fate/Zero
– Space Brothers
– Kingdom
– Ghost in the Shell
– ef: a Tale of Memories
– Ergo Proxy
– Jormungand
– Knight of Sidonia
– Kaiji: Ultimate Survivor
– Dan masih banyak lagi!

Perlu diketahui, bahwa angka di daftar itu bukanlah penentu dari yang terbaik, namun hanya digunakan sebagai penghitung saja, karena saya mengurutkan dari yang sudah pernah saya tonton. Menurut saya, semuanya itu bagus kok. Yang ada di daftar ini.

Daftar ini terinspirasi dari artikel yang ada di GoBoiano.
Namun daftar ini saya susun ulang menurut pengalaman saya, browsing serta saran teman-teman dunia maya saya.

Jadi, bagaimana menurutmu? Apakah kamu puas dengan anime yang ada di daftar ini? Ataukah kamu punya daftar sendiri tentang Anime Seinen? Diskusikanlah di kolom komentar!