Cara Memeriksa Kode CRC Yang Terdapat Pada Anime Yang Di unduh Dengan Penjelasannya

7MangaIndo – Apa kabar kalian semua, kali ini saya ingin menulis tutorial atau cara untuk mengecek kode aneh yang biasanya terdapat pada anime yang kalian unduh (seperti [C7111325] dsb.) :3.

Sebenarnya, apa sih kode aneh itu? ada yang tahu tidak?
kalau udah tau ya udah, ngapain saya jelasin XD
ya, kode itu adalah Kode CRC32.

Apa sih CRC32 itu?
CRC adalah singkatan dari Cyclic Redundancy Check (CRC) adalah salah satu fungsi hash yang dikembangkan untuk mendeteksi kerusakan data dalam proses transmisi ataupun penyimpanan. CRC menghasilkan suatu checksum yaitu suatu nilai dihasilkan dari fungsi hash-nya, dimana nilai inilah yang nantinya digunakan untuk mendeteksi error pada transmisi ataupun penyimpanan data. Nilai CRC dihitung dan digabungkan sebelum dilakukan transmisi data atau penyimpanan, dan kemudian penerima akan melakukan verifikasi apakah data yang diterima tidak mengalami perubahan ataupun kerusakan. CRC32 32 juga melambangkan panjang checksum dalam bit. Bentuk CRC yang disediakan untuk algoritma sesuai dengan ide pembagian ”polynomial”. Dan hal ini digunakan untuk memperhitungkan checksum yang sama dari seluruh algoritma CRC. Algoritma CRC adalah cara yang bagus dan teruji untuk pengecekan byte dalam jumlah besar dari suatu file yang telah termodifikasi maupun tidak. Algoritma ini mencari lewat seluruh jumlah byte dan menghasilkan angka 32 bit untuk menggambarkan isi file. Dan sangat kecil sekali kemungkinan dua stream dari byte yang berbeda mempunyai CRC yang sama. Algoritma CRC32 dapat diandalkan juga untuk mengecek error yang terjadi dalam urutan byte. Dengan CRC32 kemungkinan perubahan standar (penyimpangan dari penghitungan CRC terhadap file) yang terjadi dapat dikendalikan. Perkembangan teknologi dan informasi membawa perubahan besar dalam penggunaan metode Checksum CRC32. Banyak bermunculan software-software jahat (baca: Malware) dan juga perkembangan virus computer yang semakin canggih membuat metode Checksum CRC32 lantas digunakan untuk mengetahui mendeteksi virus dengan acuan nilai crc32-nya. Nilai crc32 adalah nilai yang didapat dari besar file dan nama file yang dibandingkan dengan tabel crc32 yang sudah ada acuannya.
(Sumber: IlmuKomputer)

Nah, sekarang sudah tahu ‘kan kode CRC32 itu apa?
Males baca? saya ringkas dah
CRC32 adalah kode yang digunakan untuk memverifikasikan suatu berkas itu sudah termodifikasi (corrupt, modifikasi pihak lain, dsb.) atau tidak.

Apa guna CRC pada suatu episode anime?
seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gunanya adalah untuk memverifikasikan, apakah anime tersebut telah berubah daripada sumber asalnya (alias corrupt/rusak/kena virus).
Jadi, kalau misal di cek, CRC nya beda daripada yang tertera di postingan situs (biasanya juga ada di judul episode anime-nya) tersebut, maka pasti ada perubahan yang dilakukan. entah itu kena virus, kesalahan unduh, atau yang lainnya.

Nah, sudah jelas bukan? sekarang saya akan kasih tahu, cara mengecek CRC32 pada suatu berkas anime.

Cara mengecek CRC32

Cara 1:

  1. Unduhlah Anime Checker. (Unduh disini)
  2. Jika sudah di unduh, silahkan buka, makan akan muncul window seperti dibawah ini. (Kalau beda versi, mungkin interface juga sedikit berbeda)
  3. Jika sudah, klik tombol hijau berbentuk plus (Pakai drag & drop juga bisa)
  4. Pilih berkas anime yang akan di periksa, jika sudah klik open
  5. Tunggu sebentar, dan jika sudah selesai dan berhasil, maka akan muncul tulisan seperti dibawah ini.
  6. Jika yang muncul di daerah Status itu CRC Not Found, silahkan kontak situs anime yang kalian unduh untuk meminta kode CRC nya atau jika malas, tonton saja anime-nya, dan jika tidak ada kerusakan apapun, berarti berkas tersebut tidak rusak, dan nggak perlu mengecek kode CRC-nya.
Cara 2:
  1. Nggak ada internet? nggak mau ribet? cara ini mungkin lebih mudah. Petama, anda butuh software WinRAR.
  2. Klik kanan berkas anime yang anda download, terus klik add to archive, langsung klik ok, tanpa pengubahan nama apapun
  3. Tinggal cocokin saja, judul yang berada di berkas nya, dan berkas rar nya, seperti gambar dibawah ini.
  4. Sama ‘kan? daerah CRC32 dengan kode CRC32 yang berada di judul berkasnya? kalau misal kode CRC32 itu berbeda dengan kode CRC32 yang berada di judul berkasnya, pasti ada sesuatu yang terjadi.
Nah, itu dia caranya, semoga saya bisa membantu kalian. Sekian.
Oh iya, jangan lupa bagikan artikel ini ke media sosial kalian :3 (biar terkenal :v ) oke, sampai jumpa di artikel berikutnya!
Tag Tambahan: Cara ngecek Anime, Cara ngecek kode aneh, Cara ngecek berkas korup apa nggak, kode aneh yang berada di judul anime, Tutorial penggunaan Anime Checker, Tutorial 2014, berkas rusak, cara cek berkas rusak, anime rusak, anime korup, cek disini, Cara mengecek kode CRC32 yang ada di anime, cara memeriksa Kode CRC anime, bukan orang humuw.